Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Senin, 28 November 2011

Khansa Athfah Ramdhani


Namanya Khansa Athfah Ramdhani, keponakan pertamaku nih..dan belum ada yang kedua..soalnya si Khansa belum punya adik. Namanya terdiri dari 3 kata, Khansa yang artinya mujahidah wanita...athfah diartikan sebagai kelembutan kasih sayang, sementara Ramdhani sendiri nama kakak ipar a.k abinya si khansa^_^. Jadi kesimpulannya, keponakanku ini namanya bisa diartikan seorang pejuang wanita yang berhati lembut...Hm..smoga hatimu benar-benar selembut sutra nak, seindah awan yang mengapas. Smoga kelak,khansa bisa jadi salah satu wanita mulia di hadapan Allah SWT, amien..amien ya Rabb

Kelahiran anak ini benar-benar bikin hatiku cenat cenut waktu itu,..Aku jadi saksi tunggal keluarga atas lahirnya bayi mungil ini. Pergantian tanggal 17-18 Juni 2010 sekitar pukul 00.00 lewat dikit, aku dibangunkan kakak dengan colekan lembut, pake suara pelan bin imut..."Ty...ty...bangun,...kayaknya sudah mau lahir ini dede'nya". Saya yang dicolek dikit, langsung berdiri tegap kayak robot..."Mana?? Mana bayinya??" #syok...-kakak senyam senyum- ckckkckc

Sejam kemudian, aku bangun lagi, masih dengan ekspresi kaget yang sama. Kakak ngasih tau kalo ada cairan kuning keluar 
"Keluar dari mana??"
bego..kok pake nanya lagi...
Turun dari kasur, periksa...waaahhh jangan..jangan...
"kak...sakit kah??"
kakak mengeleng
"sejak kapan ada cairan begini?"
geleng kepala lagi

sejam kemudian, lampu rumah nyala semua...aku berlarian kesana kemari ngumpulin perlengkapan melahirkan. Kakak duduk dengan muka super duper kuatir sambil ngelus perutnya yang buncit. Tiba-tiba waktu itu aku merasa menjadi wanita dewasa sekali, menjadi wanita yang sangat sangat diperlukan waktu itu. Kulirik jam dinding, jam 02.00 dini hari, tanggal 18 Juni 2010. Setengah jam kemudian, tumpukan tas sudah tersusun rapi di ruang tamu. 

"sakit kak?"
"sudah tidak lagi, kakak mau tidur dulu"
"ya"

Pukul 04.10 saat kakak terbangun lagi,..
"Pagi-pagi kita ke rumah sakit ya?"
aku mengangguk

Pukul 04.55 Azan subuh..shalat lanjut mandi pagi. Jam 05.30, aku siap... Kakak mulai menelpon bapak dan ibu di daerah, minta maaf kalo ada salah kakak selama ini., aku duduk disampingnya mendengarkan...pipiku basah....

Pukul 06.20. Kami sarapan. kakak selesai menelpon semua kerabat dekat. kakiku mulai tegang. Kenapa???bayangkan..aku satu2nya keluarga kakak yang bakal mengantarnya,  suami kakak sementara di Malang, bapak, ibu dan Kak Aci di daerah, dan kami tidak mau merepotkan kerabat yang ada di makassar. Kakak bilang, dia masih punya adik perempuan...kakak bilang, kakak percaya..aku, adiknya bisa membantu dia semampuku...
hatiku tersentuh....

Pukul 06.50 aku duduk di taksi bersama kakak. Kakak tampak menelpon kakak ipar, aku perhatikan tiap lekuk wajahnya..kupikir wanita yang duduk disampingku ini adalah wanita tegar.,,yang sejak aku menghirup udara dunia, kakak sebagai wanita jarang skali menangis. Waktu itu, saat kulihat air matanya meleleh tipis tapi      bibirnya berusaha tersenyum dengan mengatur nada yang normal agar suaminya tidak khawatir. Aku ingat, waktu itu kakak ipar tidak bisa langsung berangkat ke Makassar, karena pagi ini kakak ada ujian final. Sebulan setelah menikah kakak melanjutkan studinya di Malang. Kupalingkan mukaku, air mataku meleleh lagi...
Ya ampun..wanita ini, jangan menangis donkkkk ckckckck

Sejam kemudian, kami sampai di Rumah sakit. Jaraknya memang berjauhan dengan rumah, entah alasan apa kakak memilih rumah sakit itu. Aku dan sopir taksi memindahkan barang kakak yang seabrek ke ruang tunggu, kemudian mengantar kakak ke ruang pemeriksaan. Pukul 11.00 siang, adik-adik sepupuku yang semuanya cowok, berdatangan. Mereka membantu mengangkut barang. Pukul 11.40 mereka pamit pulang, hari itu hari jumat. 

Pukul 14.00, kakak mulai merintih kesakitan, aku kewalahan menerima telpon dari bapak dan kak Aci di daerah, ibu yang sementara dalam perjalanan ke makassar, kak Dani (kk ipar) di Malang, tante, om, bla...bla
Aku capek, aku lapar

Pukul 16.00, ibu datang..kakak semakin sering teriak. Ibu yang memang punya bakat panik, langsung berhamburan masuk ruang bersalin, nangis sejadi-jadinya..ckckck ibu..ibu...
Selesai magrib, tanteku datang..aku akhirnya bisa makan. Tante yang nda punya bakat panik bin histeris gantikan aku jaga di dalam ruangan,.

Sepanjang malam kakak berteriak histeris, 5-10 jedanya kakak teriak lagi. Ok ok..Ok..kakak mengalami yang namanya EROM (early rupture of membran) pecah ketuban dini pada kehamilan cukup bulan. tidak sakit, ini semacam cairan kekuningan yang merembes perlahan, pada awal pemeriksaaan, kakak diindikasikan       bisa melahirkan normal, oksitoksin diinduksikan,  
sepanjang malam, aku ada di sana...hmmmm ibu bener2 number one dah^_6

Tanggal 19 Juni 2010, pukul 05.30. Aku berlarian menuruni tangga menuju ruang bersalin. Ibu menelpon, katanya kakak teriakkannya tambah keras, aku masuk. kulihat wajahnya sudah pucat, Kak Aci menelpon..
"Assalamu'alaikum, bagaimana dek"
"Waalaikum salam..."
kudekatkan Hp di kepala Kak Ayu, suara lengkingannya pasti sudah sampai di telinga Kak Aci. 2-3 menit kubiarkan, lalu kudekatkan kembali ke telingaku
"berdoa kak"
lalu kudengar suara Kak Aci yang sudah mampet di seberang, tangisnya membahana...^_^

Pukul 06.10, aku keluar dari kamar bersalin, menemui ibu,. Ekspresi Ibu tidak kalah tragisnya dengan kakak di dalam ruang bersalin. sebenarnya yang mau melahirkan siapa ya??? hehehe

tepAT 07.00 tanggal 19 Juni 2010...si baby lahir...prosesnya pun seru sangad...mrip mirip film india 3 idiot. proses partus  kakak dibantu dengan ekstraktor vakum karena air ketuban kakak sudah kering otomatis tekanan untuk mendorong bayi tidak ada, sudah tidak ada kekuatan untuk mengejan..kakak sudah pucat bin lemah, anestesi epiduralnya juga sudah banyak, ditambah proses persalinan yang lamaa...

Ok dok!!! vakum sajaaaaaa.....aku adiknya ikhlas...ridho...

15 bulan kemudian, bayi perempuan ini tumbuh sehat...layaknyanya balita...mulai menjengkelkan karena tingkahnya yang super duper aktif..Anyway...aunt sayang Khansa..sayaaaanggg banget...yang sehat yang nak, yang shaleha amien..amien..

Futu ini aku ambil dari album hp umminya,..jadi kangen si Khans..^^





Khansa Athfah Ramdhani Read More

Selasa, 22 November 2011

Maafkan aku Iis.....

Dia seorang teman yang sudah lama aku kenal,..di suatu kesempatan dia bercerita tentang keluh yang ia rasakan. Aku kerap menyediakan telingan untuk mereka yang kupanggil teman, meski cerita yang akan mreka beberkan belum sempat kukecap bagaimana rasanya, dan entah mengapa mereka bercerita padaku...Tapi aku sangat menyukai hal itu, itu berarti mereka menganggapku sbagai saudaranya...dan setidaknya bisa jadi pembelajaran bagiku..

"Bertemu dengan 'dia' membuat banyak perubahan bagiku"
begitu ucapan gadis umur 19 tahun yang tengah duduk tepat di hadapanku,saat itu kami masih semester 3 di bangku perkuliahan, yang katanya orang2...masa kuliah sperti skrang yang padat dengan kegiatan 'ekstra'
Kupandangi wajahnya, gadis ini berkulit putih bersih, matanya sayu tak tertutupi walaupun dia memakai kacamata,tubuhnya mungil komplit dengan engsel2 tulangnya yang bermunculan. Sebut saja Iis, bgitu namanya. cewek berjilbab dengan perawakan kurus.

"Enam bulan merupakan waktu yang cepat bagiku barangkali karena kuliah dan kesibukan lainnya, tapi tak seperti lainnya...aku masih sempat memikirkannya uty"kilahnya lagi..
aku coba tersenyum, sebagai jawaban laten dari pernyataanya

"Ini yang namanya rencana Tuhan, aku mengenalnya tidak sengaja, dan setelah itu kami adalah teman, kami adalah kakak adik, karena aku takut fitnah timbul karena hubungan kami, sampai dia mengatakan suatu hal yang membuatku bungkam"
aku diam, masih menunggu crita selanjutnya

"Kau tahu uty,,..dia...kk itu ingin ta'aruf!!!"suara Iis agak meninggi
hah???tunggu dlu...taaruf itu kan semacam,,,apa yagh...aduh aku juga bingung. kalimat terakhir itu sama skali nda ada dalam bayanganku,kalo Iis akan mengatakannya...

Hallowwwwwwww..............kami masih semester 3, its right???masih trlalu kecil untuk memikirkan urusan tante2 seperti itu.. I mean,..masih banyak yang harus dipikirkan mahasiswa semester tiga, kenapa harus menikah???ola la la...nda bener ini..ckckck
"Aku harus bagaimana?"aduh Iis dengan wajah super duper innocent
"Hei Iis...kita masih muda lho"jawabku enteng. aku sama sekali tidak menyangka kalo jawabanku saat itu akan jadi bumerang di kemudian hari
"Jad?i"kali ini Iis menghujamkan bola matanya tepat di kedua mataku
"Iis...kita masih muda, masih kuliah...butuh beberapa tahun lagi buat dapet gelar sarjana...dan skrang kamu memilih untuk menikah??ogah aku'
Iis melongo, sepertinya ia mencerna perkataanku barusan. selang beberapa menit ia tersenyum dan memelukku..
"Makasih uty sayang' bisiknya dan berlalu meninggalkanku.,
....aku bukan sosok sahabat yang baik,..aku menyesal,,:-(

SAtu tahun berikutnya...Iis kembali menyetor buka memelas bin sedih stadium terakhir. matanya merah...mungkin sudah nangis berjam2...Kulipat halaman 112 buku Edensor karya Andrea, lalu sibuk meneliti raut mukanya
"Ada apa?"tanyaku segera
"Kk itu..."sahutnya terbata
"Kk yang mana??"
"Dia sudah menikah, dia sudah punya istri...skarang hamil 3 bulan, bagamana ini uty??
"Bagaimana apanya,kk yang mana ini?" heran....
"Kk yang setahun lalu"ujar Iis
"Kenapa memangnya, syukur deh, jadinya kamu tidak terganggu"
"Tapi aku baru sadar, bahwa betapa pentingnya posisi dia di hatiku'
"NGEKK>...ada apa denganmu Iis???"


Jangan pernah menganggap diri kita seperti anak kecil lagi, karena umur akan senantiasa menagih kedewasaan.
Jangan pernah membungkam rindu, karena dia akan jadi bom atom dari dirimu sendiri
Jangan pernah bermain dengan yang haram karena akan jadi racun dalam metabolismemu
Jangan pernah menjadi benalu dalam setiap rongga keberuntungan, karena itu akan berimbas padamu
Jangan pernah menyodorkan selimut pada mereka yang bepergian ke kutub utara, karena mereka tak akan mengembalikannya padahal kamu juga memerlukannya

Dan di saat semuanya berjalan satu-satu, kamu baru akan menyadari betapa pentingnya dia...
Wahai para wanita Allah, sadarkan kalian dengan nikmat kelembutan yang dilimpahkanNya??
Wahai para lelaki Allah, sdarkan kalian dengan sikap egois yang ditumpahkan pada rohmu???

dan cinta...tak menagih umurmu sampe dewasa,karena dia begtu terasa

Untuk saudariku Iis:"mungkin Tuhan tak mengirimkan 'dia' untukmu, tapi yakin dan percaya akan ada hadiah yang lebih indah dari Baginda Allah SWT untukmu...
untuk Iis yang menjalani penulisan skripsinya,...smoga cepat kelar, dan bisa merasakan nikmatnya ilmu pengetahuan,....dan bisa merasakan sekarang kamu tumbuh dewasa, bukan mahasiswa semester 3 agi..
untuk Iis...maafkan atas saran 'bodoh'ku beberapa tahun silam...sungguh akupun menyesal..
untuk Iis..trimakasih atas pelajaran yg kau berikan untukku saat itu...

trimakasih Iis akan cerita2mu,,,kapan2 aku yang akan berkisah tentang ceritaku padamu^_^,..
tetaplah jadi wanita yang rendah hati, aku suka Iis yang begitu^^
Entah telah tiba saatnya atau masih setengah masak, tapi penggalan cerita akan tersambung padu. Ilahi Rabb, jadikan kisah bukan polesan dosa, tapi jadikan kisah seperti pelajaran hidup. Mengenal kisah, akan membuat jiwa lebih sederhana...dan tak peduli akan lebihnya sang pemegang kuasa. ini hanya kisah sederhana, yang hadir di tengah liukan hidup. Tidak untuk diulang tapi untuk terkenang...

sebuah kisah, yang melahirkan kesederhanaan..



Bertasbihlah bahwa engkau ingin menikah..
Biarkan embun menyambungkannya dengan titisan air di tanah
Biarkan burung mendengarnya dan mencipta puisi alam…
Hingga pemilik jagad raya mendengarkan dan mengabulkannya…
Karena ‘indah’nya adalah separuh dari agama kita..
Yakinlah, meski cinta datang begitu pagi
Jangan takut menyambutnya
Jika cinta datang begitu senja
Seharusnya kita tak berburuk sangka kepada-Nya
Sebab yang terukir dalam diary Tuhan
Adalah berkah, ujian dan benar adanya
Maafkan aku Iis..... Read More

Selasa, 15 November 2011

Dirgahayu Bloofers^_^

Dunia membisiki...bahwa yang indah adalah sebentuk sahabat. Penabur cinta, meneteskan aroma haru biru, sekuntum senyuman, segaris perjalanan hati. Pada awalnya sabda termulai dengan kata selamat datang..Pada titik dimana kubayangkan euforia dunia maya

Mula mula anestesi berjalan ke ruang jiwa, kemudian membuka ruang tahanan dan mulai menanam imaji yang hangat, selebihnya akan ada sapaan berkunjung, menerbitkan alasan-alasan keberadaanmu. Dan untuk alasan-alasan yang jelas, kusematkan diriku jadi bagian dari penghuni rumah, ranum bersama mereka, tumbuh bersama mereka...sebuah manifestasi klinis yang membanggakan, aku menyebutmu sahabat meski tak pernah selisik tubuh berjumpa...


Dan ketika anestesi tak berfungsi, maka logika mulai memilah keberadaannya. Sampai tiba pada kesimpulan yang berujung,. Bahwa, rumah ini punya nafas indah, meringkuk dalam semi, mewakili petasan dalam ledakan canda, dan aku butuh itu...Gaungnya terdengar berlebihan???apakah benar adanya semua terkesan gombalan mendayu???. Aku tersenyum simpul, tak ada gombalan dalam rana sahabat...yang ada dukungan dan sebab musabab yang bakal ternikmati sendiri dalam bias-bias sederhana namun dirindui...

mengukir mimpi bersama mereka, serasa sperti menidurkanku dalam bait bait indah. mempersunting mimpi kiranya lebih dekat dan nyata. Karena, mimpi bagian yang mempersarafi semangat, maka mimpi rela kuagugkan dalam peta hidupku...Smoga persahabatan ada sepanjang bumi memiliki surya dan rembulan, smoga persahabatan kita ada dan berkembang seperti rumah yang slalu kita panggil BLOOF

rapat merapat_agenda milad 1 bloofers^^


Bloofers makassar_berbagi senyum dengan pasukan bintang


nyam nyam at Dcost makassar

Blajar nulis, photografi, video_Sharing Keliling

ngepe bareng_losari

ngebolang_leang leang Maros^^

temu kangen _kopdar wit azzam junior^^


ngebolang part 2_lembah ramma Malino
gedung IPTEKS_pasca joging bareng hihihi

Bloofers at UnHAS_Platihan kepenulisan (maaf ya ratih, ambil picture kalian)

bloofers makassar_Buka puasa bareng


ukhuwah itu seindah temaram senja, meski sejenak tapi merindukan..
ukhuwah itu semisal pelangi, aku hijau engkau biru...membawa warni
Ukhuwah itu sebentuk sabit, melengkung bak senyum
Ukhuwah itu ada ketika yang punya cinta menularkan cinta untuk hati yang lain,,
Ukhuwah itu ada, ketika seteguk senyum, akupun merasakan sejuknya
^_^
(1 thn, masih balita, masih hijau..tapi smoga usia selanjutnya selalu berkembang)
DIRGAHAYU BLOOFERS
Dirgahayu Bloofers^_^ Read More

Jumat, 04 November 2011

Hiking kebanggaanku^^

Pekan lalu, tepat hari sumpah pemuda..kami yang katanya masih berdarah muda dan mau tak mau dicap pemuda dan pemudi Indonesia, berniat hiking ke Ramma...sebuah lembah di kaki gunung bawakaraeng. Lembah yang kabarnya medannya lebih parah dari pendakian ke puncak gunung bawakaraeng (info dari mereka yang pernah ngintip puncak bawakaraeng^^). jadi ya...berbanggalah aku yang sudah dan sempat memijakkan kakiku di lembah ini. Dan...wow!! memang benar, kami harus melewati medan yang 'luar biasa' untuk bisa menikmati panorama indah, dan akhirnya bisa nge-camp di lembah ramma....

Kami start dari makassar pukul 9 malam, molor beberapa jam dari waktu yang disepakati (Ba'da Magrib). si Ratih yang di jemput di jalan hertasning malah sempat mau membatalkan keberangkatannya karna kami yang ngareeet abis..Yah, mau bagaimana lagi Tih,..udah si kriting telat datang, pake mati lampu segala, eh saya juga sih telat datang..ehmm ehmm anyway, pendakian kita tetap berjalan kan. Go go go Bloofers^^

Perjalanan kali ini seru sangaddd, mau dicerita satu persatu kayaknya nda cukup,seruuu dah. jempolan..hmmm mending gambar yang bercerita yaw..CEKIDOT^^

para bloofers ki-ka: (Emi, Kak Yuni, Amel, Kak Arman, diriku, Ratih)

para KPA rajawali n XP crew, ki-ka: K' Atonk, K' hendra, Ian,  Dendy, Kaisar, K' Indar

 nagh...yang ini pas brangkat..dari depan rumah tata, lewati perkebunan sampe ritual doa di gerbang pendakian...masa2 bikin hati cenat cenut.."kayak gimana ya medannya??"

 ini namanya tallung, daerah landai sebelum menuju medan yang 'luar biasa' terjal. kemiringannya hampir 90 derajat plus licin karena hujan, but sepadan dengan viewnya yang 'subhanallah banget'

 suasana di camp. Seumur2 sejak aku mengenal dunia camping, baru kali ini menu spagety tersedia di area camp..^^ ala Italiano...

Sunset di lembah Ramma, thanks to emi dah futu^^

 Pagi2 kak Yun sama Ratih sudah minggat buat futu2, yeee akhirnya bareng si kriting deg narsis depan sungai..si Amel masih kasuk kasuk dalam tenda,..matahari pagi di lembah trasa cepat meningginya..."Ayo emi..PISSS!"

kalo di rumah pagi2 bisa nyeruput susu coklat hangat, nagh di pengunungan bisa minum pake air segerrrrr sangat, ngalir sejuknya^^

 ini di lembah tallung, tapi nekat lompat ke bawah..ngiler liat viewnya..masih mau liat dekat, untung si Kaisar mau ikutan nekat..jadi deh kami bisa berpose di ujung lembah^^

Packing...Packing...siap2 pulang^^
Tenda sudah dipacking, sblum balik turun gunung...pose dulu..KLIK!!!

Siap2 balik makassar, biasa ritual para pendahulu...narsis dulu...JEPRET!!


Akhirnya bisa hirup udara yang tak berpolusi, kecuali waktu para cowoknya lepas udara kotor lewat 'rokok' mereka..ckckck, tapi setidaknya dingin disana khas, air disana khas. suasana disana khas. Dan sepertinya aku nda bakalan kapok kalo teman2 ngajak buat ngintip puncak gunung lainnya.

Pendakian kali ini bikin hatiku bangga kalang kabut hihihi, aku bisa jalan sendiri tanpa di tuntun, dan sekali2 jalan di depan jadi leader...ciyeeee plok...plok, barang bawaanku juga nda dibawakan lho, aku ndiri yang bawa (Ajib!!!). kebanggaan yang lain, alergi dinginku nda kambuh, tapi memang sih sebelumnya sudah sedia obat dan pasang plaster sana sini, biar wajah kayak 'ban abis ditambal' setidaknya alergi dingin nda kambuh, setidaknya aku nda  kayak ratih yang bergetar kayak handphone di pertigaan malam, menggelepar kayak ikan  hihih (maap ya tih, kisahnya dibeberkan)

intinya...aku sangaddd...sangaddd suka pemandangan gunung!!!next time ke gunung lagi ya...
anyway pertengahan november ni, habis milad pertamanya bloof, planningnya nge-camp di Goa lagi bareng anak KPA Rajawali. hmmm smoga kesampeaan...dan bakal jadi cerita lain lagi,...^_^
Hiking kebanggaanku^^ Read More