Sabtu, 07 Oktober 2017

aliran rasa level 8

Finansial menurut saya adalah termasuk hal yang susah di ajarkan ke anak-anak. Karena anak-anak adalah peniru ulung sementara disekitarnya tak luput dari zona konsumtif termasuk emak alias umminya. Berujung pada mengajarkan konsep finansial memang butuh keistiqomahan yang kuat dan start yang aduha.

Level kali ini mengingatkan saya untk memulia start belajar finansial sejak dini. Sekalipun usia anak saya baru 2.5 tahun ternyata sounding lebih awal itu memang di butuhkan. Apalagi untuk sebaya Izz yang masih bisa mengatur sendiri atau sekedar memilih mana kebutuhan mana keinginan.

Saya belajar untuk membelikan sesuatu baru kemudian memberikan ke Izz. Bukan kebiasaan membawanya berkeliling pasar atau mall lalu menanyakan yang mana kamu suka nak?. Atau bertanya nanti ummi belikan yang ini yang itu. Karena sesungguhnya itu mengajarkan hal konsumtif untuk anak. Toh anak seusia izz pun belum punya selera untuk memilih. Yang namanya mainan ayok di embat..yang namanya makanan manis pasti dipilih..yang namanya barang unik pasti diingini. Saya belajar bahwa mengabulkan dan menawarkan sesuatu yang baru ke anak itu bukanlah sebuab wujud kasih sayang. Tapi memberikan surprise lalh mengedukasinya lebih baik ketimbang kalimat "ayo kita ke pasar nanti ummi belikan bla..bla..."

#level8
#aliranrasa
#kuliahbunsayIIP
#cerdasfinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar