Minggu, 29 November 2020

Mengulik kembali rasa Hexagonia

Bismillahirrahmanirrahim…

Pekan ini penerimaan raport untuk warga hexagonia. Co housing Leader yang akan memberikan penilaian untuk masing-masing hexagonia. Kami di CH 4 kepenulisan sempat mengadakan temu virtual lewat Room dalam rangka membahas aliran rasa dan refleksi masing-masing selama menjalani peran sebagai warga hexagon city. Yang berkesempatan hadir adalah mb Syifa, mb Rarti, Mb June, Mb Nur dan Saya sendiri. Dikarenakan kesibukan co housing leader kami maka sesi curhat itu dilaksanakan dengan cukup menggilir peserta untuk mengalirkan rasa. Sementara aliran rasa selanjutnya boleh via japri ke Mba April selaku leader CH4.

Bagi saya cukup merasakan suntikan semangat dari teman-teman di pertemuan virtual itu. Membuat saya paham bahwa tidak hanya saya merasa mulai tertatih mengejar sinergis di hexagonia city. Hexagon city ini sungguh sebuah kota maya dengan hiruk pikuk tiada henti siang dan malam. Semuanya bergerak dan serasa kami harus berlari mengikuti ritmenya tentu dengan tidak mengesampingkan peran actual kami sebagai seorang ibu, perempuan dan istri di dunia nyata

Passionate People
Saya memilih Ch 4 sebagai rumah passion saya yaitu di bidang kepenulisan. Sebelumnya sempat memilih beberapa ranah, yaitu sosial, pendidikan dan kesehatan sebagai passion saya. Namun dikarenakan di hexagon city hanya diperbolehkan memilih 1 passion saja. Maka bismillahirrahmanirrahim…saya mencoba mengambil passion pendidikan. Dan passion ini sampai sekarang masih terjaga

Character Ciltavated
Karakter yang ini saya bangun adalah “learner”. Walaupun saya berbinar ketika berada di depan laptop lalu mulai menulis, tapi saya mempunyai banyak kekurangan dalam dunia kepenulisan. Termasuk gaptek mengoperasikan tools di google, blog yang mendukung sarana kepenulisan. Saya mencoba menantang diri saya lewat karakter yang saya pilih itu untuk belajar di program editing, dan reportase yang dicanangkan dalam co housing kami. Tadinya saya memilih untuk menulis satu artikel dalam satu pekan. Tapi merasa butuh belajar editing dan reportase juga. Mumpung ada temen co housing yang memiliki jam terbang sebagai editor yang sudah high. Maka saya mencoba mencuri ilmu dari rekan CH 4. Semoga Istiqamah

Habit Power
Habit yang saya pilih adalah Put first thing first. Saya merujuk kepada tujuan akhir, dimana nantinya saya lebih konsisten menulis, bisa member sumbangsih kepenulisan dalam CH kami dengan leibatkan diri dalam program yang telah kami sepakati, lalu meningkatkan kualitas menulis lewat belajar editing, EYD dll.

Karena sekarang saya memiliki aktivitas yang lebih membuat saya berbinar dari dunia menulis yaitu pendidikan. Maka saya berusaha mensinergiskan keduanya akan terselesaikan dengan baik.

Shining  4E
Terkait dengan zona 4 E saya yakni Enjoy, Easy, Excellent dan Earn. Tentu ada beberapa hal yang sudah menjadi aktivitas enjoy misalnya mengetik di depan laptop itu adalah hal yang menyenangkan buat saya. Akan tetapi untuk sampai menjadi produktif dan berpenghasilan di dunia kepenulisan tersebut untuk kapasitas saya memang belum sampai ke ranah tersebut.

Untuk menjaga kuntitas menulis saya yaitu saya mencoba memposting menulis quotes di status WA saya. Hal ini bertujuan agar passion kepenulisan saya makin terasah

Untuk menjaga kualitas dan isi dari dari tulisan saya. Saya berusaha membaca tulisan dari teman-teman CH 4. Belajar tata cara kepenulisan. Dan merelay ulang feed back dari editor tentang artikel yang saya tulis. Dari situ saya belajar kesalahan dan hal-hal baru yang peru diperbaiki selanjutnya

Sumbangsi terhadap project passion CH 4 kepenulisan. Saya mencoba mengikuti tiap rapat virtual yang diadakan. Alhamdulillah sampai sekarang masih bisa mengikuti ritme rapat meskipun pernah absen pekan lalu ketika anak-anak saya sakit. Mencoba menantang diri dengan menulis artikel dalam tiap pekan dan mengambil jadwal hari pertama. Alhamdulillah sampai tahap ini pun masih terjaga, terkecuali pekan lalu lagi-lagi ketika anak saya sakit saya tidak menulis sesuai dengan jadwal saya. Sayapun mencoba menantang diri dengan mengambil beberapa hexa activity dalam project passion, yakni one wee one article, review artikel dan reportase. Semoga bosa terselesaikan dengan baik. Karena bagai manapun saya masih tetap belajar di dalam aktivitas yang saya pilih tersebut.

oh iya pekan ini juga sedikit berbeda dengan penyetoran jurnal sebelumnya. lebih tepatnya kami mengalirkan rasa dan mencantumkan chapture platform Hexagon City yakni IG, Youtube, Website, HCTV, Hexalink, Hexamarket. berikut chapture saya


#HexagonCity

#Hexagonia

#ContributiontoNation

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar