Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Jumat, 12 Oktober 2012

Srikaya Biskuit^^

Kue ini adalah kue bersejarah buatku. Waktu masih duduk di kelas 3 SD aku sudah bisa sendiri meracik kue ini. Resep kue simple dari saudara Ibu di Barru. Kalo aku saja yang dulu masih kelas 3 SD bisa buat, nagh pasti yang udah tua – tua keladi bisa ikutan racik^____^.

Namanya kue srikaya biscuit. Aku tidak tahu filosofi pengambilan nama dari kue ini, toh bahan dasarnya pun tidak pake buah srikaya. Pas aku tanya ke tante, si tante ngomong “Memang begitu kok nak namanya, dari dulu” Wuihhhhh…wes, nda penting nama…yang penting skarang kita belajar bongkar memori masa kecil, nyok ngeracik…..

Bahan:
Biskuit pyramid atau biskuit marie susu 1 bungkus, haluskan.
Gula merah 300gram, iris halus (kalau senang yang manis, boleh kok ditambah^^),
Susu kental manis putih 100gram
Santan 200 gram
Telur 3 buah
Soda kue (secukupnya)

Cara membuat:
Kocok gula merah, telur, soda kue. Tambahkan santan, susu dan biskuit pyramid, kocok. Setelah semua adonan telah tercampur merata, waktunya mengukus^^.
Nagh..usahakan saat mengukus, kukusan yang dilapisi kain tipis, agar bintik2 air yang melekat di tutup panci tidak jatuh ke kue, ini bakal bikin tekstur kue keliatan nda lembut^^
Trus ingat juga, saat mengukus kue. Loyang kue kudu dilapisi plastic kue supaya kuenya nda lengket
Selamat mencoba^^

NB: untuk bagian permukaan boleh ditambahkan ceres atau choco chips, tapi sayang pas aku ngeracik nih kue. Ceres di rumah ngumpet di negri entah berantah^^. Eh eh..kuenya, mantap kalo di makan pas dingin lho



7 komentar:

  1. yummiiiiii..mau dong icip2 kue racikan kak uty :)

    BalasHapus
  2. emm..keknya enak tuh. biskuit puramid kayak apa sih Uty?? biskuit Regal gitu ya?

    BalasHapus
  3. hmmm.. enak neh :D
    buatnya juga gampang banget yaa, pengen coba :)

    BalasHapus
  4. sekali2 ank bloof di cobain kue buatan kak uty.. :D

    BalasHapus
  5. Lama gak mampir sini...
    datang-datang dapat suguhan srikaya biskuit
    asyiiikkk...

    apa kabar Uty...

    BalasHapus
  6. nelen ludah aja nih hehehe cuma bisa menikmati gambarnya

    BalasHapus
  7. waw, srikaya versi mbak patut dicoba :)

    BalasHapus