Kamis, 27 Juli 2017

Ayo bermain konsep bentuk

Mungkin bawaan cuaca yang tidak menentu. Hari ini si Izz pun ikutan bapil. Untung mood mainnya nga terganggu. Inisiatif sendiri si Izz ngambil mini boardbooknya. Ini salah satu first booknya. Makin kesini kalau nga dibaca biasanya jadi sarana main si Izz. Kadang bikin rumah-rumahan, jembatan atau bagasi buat mobil-mobilan. Anak-anak kalau bermain emang nga pernah main-main ya. Slalu ada ide kreatif dari kepala mungil mereka sendiri.

Nagh kali ini Izz membaca sendiri bukunya. Alias menywbutkan satu persatu gambar di mini booknya. Mulai dari animals,warna, angka dan huruf yang asal disebutnya sesuka hati hihhih, kemudian bentuk. Bagusnya karna ini memberikan contoh benda-benda yang sama bemtuknya. Misalkan roda bentuknya circle/bundar dst.
"Ini bundang (bundar) cepelti roda. Roda mobil takci..beng (bis)"urai Izz sendiri
"Ini oval..kayak telur..gitu kan" lanjutnya lagi. Saya tinggal ngasih penguatan dan apresiasi positif hihihi.

Selesai memilah milah para mini boardbook. Mainnya dilanjut buat nyusun buku-buku mini itu. Awalnya dia membuka bukunya dan membwntuk atap segitiga lalu di susun sampai tinggi.
"Apa itu nak?" Saya penasaran si Izz menyebut apa bentukannya kali ini
 "Gedung mii..ini gedung"
"Bentuknya apa itu ya"
"Gedung cegitiga yanh tinggiii cekali"jawabnya dengan muka serius
"Waaah bagus skali ya gedungnya"😀😀
Berikutnya dia menyusun mini boardbooknya jadi bentuk segi empat.
"Ini mau buat apa?"
"Kacung mii..(kasur ummi)"
"Ooohh kasur"saya mangut-mangut saja
"Buat bobok mii..Ing(Izz) nanti bobok cini"ungkapnya
Hihihi

Saya baru tau kalau proses bermainpun ternyata memang benar dan bagus banget buat nyelipin materi matematika yang have fun di dalamnya. Meskipun biasa saya lakukan tapi baru nyadar. Kalau yang saya tanamkan itu adalah sebuah konsep hihihi. Makasih IIP

#tantangan10hari
#level6
#kuliahbunsayIIP
#IloveMath
#MatharoundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar