Jumat, 28 Juli 2017

Bermain matematika, pemantapan konsep besar kecil

Hari ini kami bermain matematika lagi. Kali ini pemantapan konsep besar kecil. Ketika membandingkan sesuatu sebenarnya Izz sudah paham mana yang kecil mana yang lebih besar. Sudah bisa menyusun menara dari yang terbesar sampai yang terkecil. Tapi kali ini permainan kami sedikit mengkombinasikan motorik sensoriknya sambil memantapkan konsep matematika besar kecilnya #ciyeeee bahasana gaya banget😜😜

Okey. Persiapannya pake kardus bekas dan cat air. Jadi saya mengunting-gunting kardusnya dengan bentuk persegi, bundar dan segi tiga. Saya bentuk jadi beberapa bagian dari terbesar sampai kecil. Sesi ini sudah dapat bala bantuan dari si Izz. Karena saya pakai gunting yang nga available untuk dia jadinya tugas Izz hanya membantu memegangi kardus saja dan saya yang menggunting. Begitu saja dia suda bahagia banget. Sudah ngasih sumbangsih besar menurutnya. 
"Kita gotong loyong kan mii..Ingg bantu" begitu katanya hehehe

Next, waktunya mewarnai. Saya contohkan untuk mewarnai bentuk persegi yang paling kecil. Berharap berikutnya dia bisa melanjutkan untuk bentuk yang lebih besar. Iyah bener dikerja tapi nga tuntas wkwkwk. Dia keburu asik menyebutkan bentuk-bentuk kardusnya. 3 bentuk persegi lainnya memang berhasil di warnainya tapi nga full dan acakadut. Bentuk lain dicuekin. Nga apa-apa. Selebihnya asik menyebutkan warna cat airnya. 

Next waktunya kita mengurutkan dari terbesar hingga terkecil atau sebaliknya. Saya memulai dengan memberi intermesso perbandingan.
"Yang ini bentuk apa nak?"
"Cegitiga"
"Yang sama bentuknya yang mana ya"
Siipp done dikerjakan
"Yang segitiga ini mana yang lebih besar"
"Yang ini"
"Kalo persegi ini yang mana yang paling besar"
"Ini"
"Nagh kalo disuruh berbaris perseginya dari paling besar bagaimana?"
Awalnya dia naroh acak
"Ini katanya si persegi mau latihan berbaris nak. Tapi yang paling depan harus yang paling besar dan tinggi"
"Yang ini"
"Bisa di susun?"
"Bica..bica donk"
Lalu dia menyelesaikan dengan cepat. Tanpa disuruh bentuk segitiga dan bundarpun disusun dempetnya. 
"Waaah hebat..MasyaAllah"sorak saya
Dia tentu saja cengir kuda
Ye ye ye yee

#tantangan10hari
#level6
#kuliahbunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar