Sabtu, 29 Juli 2017

Ordinat

Bermain titik ordinat bisa jadi sesuatu yang menakutkan untuk anak sekolahan. Ketika mulai masuk ke bab persamaan kuadrat apalagi logaritma hehehe. Beruntung karna bapak saya adalah guru matematika jadi saya bisa boleh les gratis materi pengayaan ketika ada yang kurang dipahami. Dan berhubung karna saya bukan guru matematika...jadinya saya harus berusaha membangun kecintaan bermain matematika ke anak saya dengan metode fun.

Nagh ide dadakan ini muncul ketika si Izz minta main hotweels. Dan dia sendiri nga punya track mobilnya.
"Ayo ke mong (mall) mii...kita lunculkan mobingnya mii" katanya melengking
Heh mall???adduuh
Otak saya berpikir keras..bagaimana mendiamkan bocah ini ya?huhuh
Tiba-tiba saya melihat papan yang sudah di cat putih oleh si abi. Yang rencanakan bakal jadi rak di dapur. Saya lalu menarohnya di tengah meja belajarnya di atas karpet agar lebih aman. Kotak sepatu saya taroh di sebelah kanan lalu saya susun beberapa mainan mobilnya. Lalu saya ambil kursi plastik, beberapa mobil saya taroh di atas kursi dan sisanya di bawah kursi.

"Ayo kita main ordinat yok"kata saya ke Izz
"Bikin apa itu ummi?" Tanyanya lugu wkwkkwkw
"Nagh Izz berdiri disini. Ini luncuran mobilnya kan" saya membimbing Izz berdiri depan papan luncuran
"Tangan sebelah kanan yang mana"
"Ini"
Correct
"Tangan sebelah kiri"
"Ini"
Oke sip
Detik berikutnya saya sibuk meminta ini itu. Dan nampaknya mood anak ini sedang baik
"Nak..ayo kita luncurkan mobil kecil, berwarna orange yang ada di bawah kursi"
Hahahaaai dan dia bergegas mencari mobil yang dimaksud
"Meluncung kitaaaaa" teriaknya
"Sekarang mobil di sebelah kanan papan luncuran, warna purple"
Dia berlari ke area yang dimaksud.
Sekitar hampir 3 menit dia sibuk memenuhi permintaan saya dan menjawab titik ordinat yang saya maksudkan dengan benar. Menit berikutnya kendali ada di Izz .
"Mobil sendoknya meluncung..mobil moleng juga meluncung mau buat jalan...ada mobil ambulan bawa om sakit...ninuninuninu" saya terkekeh sendiri dengan ceritanya.

Yap konsep letak atas bawah, kiri kanan sebenarnya konsep dasar untuk ordinat dan koordinat. Semoga kedepannya pemahamannya lebih meningkat lagi ya nak

#tantangan10hari
#level6
#kuliahbunsayIIP
#IloVeMath
#MathAroudUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar