Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Rabu, 28 September 2011

Mari mengenal The end the can't

Namanya Enrekang, salah satu Kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan. Wilayah yang berbatasan langsung dengan kota Sidenreng Rappang dan Tanah Toraja. Enrekang, kalau ditafsirkan dalam bahasa Bugis, maka artinya adalah daerah di ketinggian. Dan memang benar, Enrekang berada di daerah tinggi dengan hawa yang sejuk^^. Kalo kata kakek, dulu wilayah ini dinamakan 'Massenrenpulu' yang artinya meminggir gunung atau menyusur gunung. Dan memang benar, sejauh mata memandang, jika kita sudah memasuki gerbang kota Enrekang, maka panorama pengunungan tidak akan behenti kita dinikmati sampai gerbang 'selamat jalan'. 

Enrekang ini, terdiri dari gunung-gunung dan bukit-bukit yang sambung menyambung, banyak cerita kuno yang telah kudengar terkait dengan legenda daerah ini. Dan aku merindukan daerah ini,.selain karena ada orang yang berlabel 'Bapak dan Ibu' menetap di sana, aku juga menyukai pemandangan daerah itu. sangat mempesona^^

Ayooo kenalan lebih dalam dengan tanah Enrekang....

 ni panorama villa Bambapuang, posisinya persis berhadapan dengan gunung nona^^

Nah ini gunung nona^^
konon, gunung ini adalah jelmaan dari seorang putri raja yang hendak melarikan diri dari pertunangannya dengan pangeran karena ia mencintai prajurit kerjaan

 makam batu di Goa Tontonan

 Tebing Tontonan (tebing mandu) 
Pengibaran bendera ukuran jumbo 21x12 meter pernah dilakukan disini
17 agustus 2009

 Celah Tebing...
Tebing sebelah kanan digunakan sebagai kuburan batu
dibawah kaki tebing ada sungai dan tumbuhan palawija

Villa Bambapuang dengan multifungsi... 

 Selain tempat makan, nongkrong, nginap bla..bla..
Villa bambapuang juga menyediakan tempat spa^^
 Ini kunamakan gunung berundak undak, sekilas mirip unta
Letaknya berdekatan dengan tebing Mandu

 Nah,,,Enrekang benar benar hijauuuuu kan...^^

 Kawasan perkebunan mendominasi wilayah dataran tinggi Enrekang,
wajar kalu hasil pertanian disini 'jempolan'

 Jembatan sungai mata Allo (matahari) sungai yang mengalir sepanjang Enrekang
jembatan ini adalah salah satu jalan ke gunung harimau
 Enrekang dilihat dari ketinggian gunung harimau^^

 Dulu aku berpikir, kalo cuma ada Enrekang di dunia ini...
sejauh mata memandang, gunung mendominasi sekat 'ruang kota enrekang'
lebayyyyyyyyyyy hihihi^^

 Parombean...
Kampung kecil di ujung Enrekang, terkenal dengan pemandangannya yang asri

 Namanya juga dataran tinggi...^^ckckckck

Itu daerahku...mana daerahmu???^_^

Masih banyak daerah yang belum terjamah olehku di Enrekang, masih banyak daerah yang luar biasa yang tidak kubeberkan disini...yang pastinya membuat orang kagum dengan tanah Enrekang. ^_^

26 komentar:

  1. wah aseeek.
    pernah 2.5 tahun tinggal di makassar
    tapi belum pernah ke enrekang. hehehe.

    BalasHapus
  2. wah..wah... aku pernah ke Enrekang tp hanya sekedar singgah... :D
    kapan - kapan Uty ajak kami (Bloofers) yah... ^_^

    BalasHapus
  3. wuih,adeeeem....sy suka Enrekang krn kesejukannya sm pemandangan gunung2 y ditawarkannya...kpn2 Bloofers Mks kopdar di Enrekang,hehe...boleh toh ^_=

    Salam kenal, suatu saat sy jg hrs menulis ttg kota kecilku #tertantang,hihiihi....

    BalasHapus
  4. Belum pernah melihat yang seperti itu..

    Sepetinya akan memasukkannya ke dalam list tempat2 yang ingin dikunjungi di dunia ini...

    BalasHapus
  5. @hans: wuih,.. skrang dimana memangnya broder,balik makasar jangn lupa ke enrekang ya??^^

    @ratih: wah nyesel nda singgah ratih, waktu itu kunjungi apa saja??brarti gunung nona dah liat donk yaa...^_^

    @kak Iswahyuni: iya kak, ditunggu postingannya,pare2 juga jadi salah satu daerah favoritku di sulawesi selatan

    @16 septy: masukkan segera...^^salam ukhuwah...

    BalasHapus
  6. Wow. Keindahan alamnya itu lho.... Luar biasa. ^__^

    BalasHapus
  7. mantep banget, betah ya diem di daerah itu :D beliin saya tiket dong, wkwkwkwk.. pengen deh nginjek gunung nona, kali aja ketemu jelmaan dari putri raja yang ada di mitos itu :D

    BalasHapus
  8. @Asop: superrr skali^_^

    @Kang Andy: huhuh nda mantep kalo diem, mobile donk..supaya bisa nikmati panoramanya...eh slain gunung nona, ada juga lho gunung abang ^^

    BalasHapus
  9. sangat indah tu tempat,,,pa lagi dengan berkunjung ke gunung latimojong,,,makin seru ja perjalan ke enrekang :)

    BalasHapus
  10. @fahry: ya..sangat asri..kapan2 kamu harus kesana

    @jasmin: pernah ke latimojong????wuih...mantap euy^^

    BalasHapus
  11. sayaaaa?
    cuman lewatin kotanya doang..
    gak mampir ;|
    gak ada kenalan soalnya.
    sekarang udah ada kenalan orang enrekang.
    berarti nanti bisa dong diajak2 keliling enrekang kak phuji

    BalasHapus
  12. wah...
    satu kata, mantap deh.,.

    langsung pengen ke sana.

    saya baru sekali ke enrekang, tapi belum pernah singgah dan melihat pemandangan di atas.

    serius asik tempatnya.
    saya hanya nikmati jalannya yang berliku liku.. hehehe

    salam

    BalasHapus
  13. @uccak: hihihi Enrekang, saya jadi rindu tempat itu...walaupun malamnya dingin sangaddd, ada Kak aci stand by d sana dek, kalo saya mah jarang pulang^^

    @kak Arman: Kak Yuni minggu lalu habis daki gunung latimojong, wuihh masa' kak arman kalah^_^

    BalasHapus
  14. wuiiiiih,masya Allah ^^ kereeen bgt ciptaan Allah.. mau kesana,ke 'dunia' Enrekang :) smoga kesampean yaaa,amin2

    BalasHapus
  15. @inayah : amien..amien...d ternate kan ada gunungnya juga nay^_^

    BalasHapus
  16. Salam kenal dulu.. :D

    Pemandangannya emang bagus [terutama buat penduduk yang disana :)], tapi seperti biasa, pasti masih banyak yang belom nyadarakan adanya tempat ini.

    tapi,hubungannya Enrekang sama judul The End The Can't apa yaw?

    BalasHapus
  17. @dokter: lafalnya the end the can't jadinya di endecan..ghihihih

    BalasHapus
  18. tertarik saya tuk singgah.. Dulu sih cuman lewat saja..
    Sy baru lihat interiornya. Lumayan lho..

    Bagus juga ya kalo sy datang berkunjung tuk liat-liat. Siapa tau bisa adakan kerjasama dengan pihak pengelola RM, terkait masalah desain interiornya.. YAh, itung2 promosikan diri..

    BalasHapus
  19. Assalamu `alaykum...,
    salam kenal dariku.
    Great view in there....
    Aku suka viewnya.
    Benar-benar hijau, lebih hijau daripada daerah kami Ternate.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yayat, aku nda pernah ke ternate..cuma denger sekelumit tentng daerahmu itu dari beberapa temanku..
      makasih dah berkunjung..

      Hapus
  20. parombean,...ujungnya ujung,...selama 2 bulan Kuliah Kerja Nyata disana,..sampai sekarang masih membekas di ingatan,..semoga ada waktu yg banyak untuk melihat kembali kesana,....terutama warganya yang ramah dan penuh etika,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihhh berarti dah pernah merasakan jalanan yang bikin cenat cenut jantung kalo lewat y???firi lalu saya ke sana....jalanan becek dan terjal wuiihhh seruuuu

      Hapus
  21. saya lagi di Makassar ney... sempat gak ya ke enrekang ebook gratis... mudah2an... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahhh aku baru baca komentrnya mas, gmana??kmrin sempat ke enrekang nda??

      Hapus