Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Rabu, 18 April 2012

Scan hati ala bloofers^^

Berawal dari sebuah cerita klasik dari seorang teman dekat, yang kebetulan lagi jaga di ruang PICU (Pediatrik Intensive Care Unit) RS. Wahidin Sudirohusodo. Sms dari Niar masuk suatu sore. Percakapannya kira-kira seperti ini
   “Ty, lagi cari panti baru?”
   “Iya”
   “Ada di belakang coca cola”

Lalu, ia menceritakan bagaimana seorang anak bayi yang dirawat dan harus dijaga oleh dua anak di bawah umur. Waktu itu, temanku si Niar, bertanya. Mana orang tua kalian dek? dan seorang anak gadis yang baru berusia sekitar 12 tahun, mengenakan jilbab lebar menjawab "Kami anak panti asuhan kak”

Dengan cerita uniknya, aku penasaran bertemu mereka. Sayangnya saat berkunjung ke PICU, mereka sudah pulang, dan aku tidak tau alamat pastinya, dan akhirnya aku berniat mengunjungi mereka. Setelah minta tolong ke Arya untuk mengecek lokasi panti, ternyata di daerah belakang pabrik coca cola itu ada beberapa panti asuhan. Olalala…

Dan akhir pekan tiba, sebelumnya kami janjian untuk berangkat ke panti asuhan ba’da dzuhur dan niat ngantar mba Mulki dan suaminya di bandara, tapi ternyata rencana berbalik saat kami mengetahui mbak Mulkinya dapat pesawat jam 16.00. Soo…kita ke bandara dulu kawan2^__^

Ayo cepat...mau hujan,...Eitt, cantik ya bandara Sultan Hasanuddin^^

Pertemua singkat bin buru2, jangan kapok ya mbak mul, mas heri datang ke kota kami^^

Hujan rintik rupanya bertandang ke kota kami, setelah hampir setengah hari didominasi pongahnya terik matahari. Ini kali pertama aku menjajaki kaki di daerah itu, jalanannya sempit. Kami memilih panti asuhan yang paling terakhir.

Kami disambut hujan deras plus mbah petir saat memasuki wilayah panti asuhan. Panti asuhan Halijah dibuat satu kompleks dengan pondok pesantren. Panti asuhan untuk putri dibangun berdekatan dengan bangunan sekolah mereka, sementara panti asuhan putra dibangun disamping gerbang, terpisah dengan belokan jalan. Gerbang pesantrenpun dijaga para santri secara bergiliran. Tertulis disana, Area wajib jilbab. Aku, Kak Pipi, dan Awa sempat cengengesan, lha si bang Ary mau dipakein jilbab juga??. Dan ternyata daerah yang kami masuki memang khusus untuk para akhwat. Terang saja, setelah kami turun dari mobil, semua pasang mata tertuju pada kami, terutama bang Ary yang nda pake jilbab^_^, nagh lho..kami cuma datang mengunjungi panti asuhan, kami bukan artiss #pasangaksi.

Seorang Ibu pengasuh memakai gamis merah dengan warna kudung senada dan seorang wanita berkerudung ungu lebar tengah mengendong bayi, menyambut kedatangan kami. Kunjungan kami kali ini memang nda seramai saat kunjungan ke markas pasukan bintang Ramadhan tahun kemarin, tapi setidaknya tetap bikin lega, dan ternyata sesuatu yang menarik menungguku disana.

Setelah menunaikan shalat Ashar dengan berjamaah bersama anak-anak panti, hujan tidak berhenti juga, malah makin deras. Aku mulai bercerita dengan anak-anak panti yang kesemuanya anak perempuan dan berjilbab lebar. Dan tidak butuh waktu lama untuk akrab dengan mereka, meskipun sebagian besar mereka pemalu tapi mereka sangat antusias dengan kedatangan kami berempat. Favoritku diantaranya adalah Nurul Izzah yang duduk di bangku kelas 2 SMP dan Sitti Hajar kelas 3 SMP. Izzah kabarnya kerap menjuari lomba tilawah, sementara Hajar mumpuni di bidang ceramah, adik manis itu baru-baru saja menang dalam kontes Dai wanita. Aku paling senang berbicara dengan mereka berdua, dan yang paling cerewet dan aktif memang mereka berdua.
Hajar bertanya nama-nama kami masing-masing?. Kemudian si adik bertanya lagi, “kakak-kakak ini teman sekelas?”. Aku jawab “Oh tidak, kami ini awalnya nda saling kenal, kami teman blog”. Hajar mangut-mangut dengan mata berbinar-binar dan kembali berbicara “Blog itu salah satu fasilitas di dunia maya yang berfungsi sebagai jejaring sosial tapi lebih mengarah pada dunia kepenulisan kan kak?” heheheh aku langsung terkekeh dan mengelus kepalanya. Bayangkan, sepengakuan Izzah, perangkat seperti wifi, modem, hp dan barang elektronik lainnya adahal hal yang dilarang di panti asuhan. Lha si Hajar kok bisa berkomentar sedemikian diplomatisnya ya??. Tidak sampai disitu, dia dan Izzah lalu membeberkan rencana-rencananya ke depan, aku jadi terkagum-kagum pada duo cilik itu.

Nge-teh bareng anak panti
Mau kenalan sama Izzah dan Hajar??? noh yang gayanya sama denganku...keduanya pake jilbab putih
Beberapa anak panti masih malu-malu di foto hihihi
Terakhir aku bertanya lagi tentang awal masuknya mereka ke panti. Izzah lalu menjawab sigap. “Kak Uty, anak-anak di sini masuk ke panti asuhan halijah bukan dengan satu alasan, ada berbagai kategori, misalnya dari keluarga, yatim, piatu, terlantar, dari keluarga tak terurus, kurang mampu, nagh saya dari keluarga tidak mampu’jawabnya mantap. Aku melirik Hajar, dan ia langsung angkat bicara “Sama kayak Izzah, saya juga berasal dari keluarga tidak mampu yang kebetulan berdomisili di daerah pesantren ini

Nyesss…seperti ada aliran es yang disiram tiba-tiba ke tubuhku. Dua anak ini, yang bercerita dengan mata berbinar tanpa berkedip, layaknya dua malaikat yang datang untuk mengabariku tentap rasa syukur dan ikhlas…Aku benar-benar kagum adik-adik…

Cerita lain, yang ternyata di luar dugaanku. Diceritakan kembali dua gadis itu, tentang penghuni baru panti yang baru seminggu ini. Namanya abdul, adik bayi yang digendong pengasuh berjilbab ungu ketika kami baru saja tiba. Katanya Abdul, baru keluar dari RS Wahidin 2 hari yang lalu. Dan aku langsung kaget mendengar cerita mereka. Subhanallah, ternyata kunjunganku tidak salah, ternyata panti asuhan yang kucari memang benar, dan ternyata niatku tersampaikan…. Namanya Abdullah, dipanggil Abdul, seorang bayi mungil nan tampan yang diserahkan pada pertengahan malam oleh dua wanita muda. Smoga jalur hidupmu semanis senyuman, setegar pahatan wajah, dan seindah bahasa dari Nurul Izzah dan Sitti Hajar..
Allahu Rabb...kuasaMu begitu indah sore ini^__^

Aku seperti pelapah., yang mendasari pinggiran kuncup
Menjadi awal pencicip si embun, ketika saling mengarung pagi
Dan hari akan tetap bercahaya
Meski purnama tak mengecupnya
Dan…
Setiap kalimat ialah ayat
Setiap senyuman adalah kesejukan..
Baris-baris wajahmu menerjemahkan getarku pada sajak panjang
Bahwa wajahmu indah
Bahwa ragaku mengangumi kalian..

Di lain waktu, kita akan bertemu lagi adik-adik
Hidup sebuah lorong proses
Maka hargailah….
^_^

55 komentar:

  1. Subhanallah... Sejuk banget baca cerita ini. Bener2 pengalaman yg indah bisa bercengkrama dgn keceriaan mereka ketika kebanyakan orang selalu memandang simpatik kepada mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejuk??padahal aku nda tanam pohon lho kak...heheh
      alhamdulillah dah kalo bgitu^^
      makasih kunjungannya kak

      Hapus
  2. Mbak...
    Kapan ya bisa ketemu kalian, sosok penuh semangat berbagi kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. unni...ayo ke makassar, deket kan palu-makassar
      ^_^

      Hapus
    2. Insha Allah, pngen ke sana lg...
      Insha Allah jg bisa ktemu mbak2 boofers :)

      Hapus
    3. bloofers maksudnya :)

      Hapus
    4. sip...kabari ya kalo dateng^^
      kita kopdaran,unni yg jadi bntang tamunya heheh

      Hapus
  3. Adik2ku memang luar biasa...
    membuatku iri..., saya berharap kunjungan ke Panti, bisa menjadi scan atas virus2, kesombongan, keangkuhan dll sehingga menyisakan rasa syukur, ikhlas, rendah hati dan tawadhu'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga bisa jadi agenda terjadwal buat saya dan tman2 lainnya,..panti layaknya mesin scan ototmatis buat hati kak, #menurut uty lho^_^
      makasih kunjungannya pak satpam

      Hapus
  4. Alhamdulillah.. Saya juga sempat ada perasaan, mungkinkah ini tempat yang Uty ceritakan itu? Tempat dimana bisa ketemu dengan dua anak yang Uty temui di RS?
    Alhamdulillah.. memang rencana Allah ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, siapa lagi yang katanya mau masuk di jurusan Arsitektur? :)

      Hapus
    2. iya...saya kaget bin senang pas tau kalo ternyata abdul yang digendong waktu itu adalah anak yng diceritakan temenku...^^

      yang mau masuk arsitek, anak gadis berjilbab hitam pake kacamata di foto terakhir

      Hapus
    3. Semoga ada izin Allah lagi untuk kesana ya? Tapi, kali ini semoga bisa, paling tidak ada anak-anak cowok yang banyak yang bisa diajak ceerita. :)
      Dan ternyata, kalian membayangkan saya memakai jilbab di mobil ya?? Ckckck.. :D

      Hapus
    4. kmrin aku sempat nanya sama ibu pengurusnya, katanya kalo mau adain acara, games ato apa boleh kok anak pantinya di gabung..

      Hapus
  5. Subhanallah, Kakak. Ceritanya luar biasa. Saya jadi iri, jadi pengin dateng ke panti semacam itu juga, lalu berbagi kasih dengan seisinya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di makassar, rata2 panti asuhan susah aksesnya...jadinya harus banyak2 nanya ke temen2^^. panti yang ini memang agak beda dari panti yang lain,.

      Hapus
  6. Semoga Alloh senantiasa memberi mereka kesehatan dan ketabahan untuk terus berjalan di Bumi ini dalam rangka ibadah kepada Sang Pencipta jagat raya ini.

    Semoga hati kita masih hidup dan masih bisa merasakan kepekaan terhadap orang2 sekitar kita.

    Ceritanya bagus Ukhti. Semoga Barokah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..
      mereka di mataku adalah gadis2 hebat nan cerdas,smoga Allah selalu menjaga mereka

      makasih kunjungannya bang TAtang^^

      Hapus
  7. Dengan berkunjung ke panti membuat kita lebih mensyukuri apa yang telah Allah berikan yang kadang terabaikan ya mbak. Thanks mbak Uty sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa...saya berpikirnya kek gitu bang rantau,..bisa berkunjung ke panti, RS jiwa, meliht anak jalanan dll adalah teguran nyata untk lebih besyukur, bahwa setidaknya kita lebih beruntung...dan tidak sepantasnya mengeluh...^_^

      Hapus
  8. keren ya? kopdarnya di panti asuhan . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil menyelam minum air, mbak ocha^^

      Hapus
  9. duh, uty ... panti yang ini nampaknya lbh keren ya dibanding yang 'itu'. btw, ini yang tempo hari ko tanyakan itu yah? dimana tepatnya, say? jadi pengen berkunjung kesana juga ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak icha,jauh beda dngan panti di rappocini. kalo yg ini namanya panti halijah., bangunan panti laki2 dan perempuannya saja di bangun terpisah, dan konsep pendidikan untuk anak2 panti lebih mantap dan berbasis islamic. Pantinya ada di blakang coca cola, depan komplek taman sudiang indah..daerah pesantren ummul itu lho kak^^

      kapan2 kita kesana lagi, bawa fatih juga^__^, skalian bisa belajar untuk berbagi #Sok tua deh uty hihih

      Hapus
  10. MASYA ALLOH.. jadi pengen kopdar hehe...
    oia mbak Mulki yg udah nikah itu bukan?yg diblog sebelah?

    wah seru mudahan jalinanya bukan sekdar saat bertemu...
    aamiin..kelak di surgaNYA Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak mulki si pemilik lapak orangeumar. mbak Nur kalo berkunjung ke makassar jangan sungkan2 inboxin nomer hpnya..ntar kita kopdaran juga^_^

      Hapus
  11. subhanallah uty, jadi pngn ke sana juga, pngn segera secepatnya bisa ke makassar bisa bertemu kalian smuaaaaa.kangen ..kangen peluk cium :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh kak Tia ganti PP ya??ciamik deh...
      kami tunggu kedatangan kak Tia, kak aku diiboxin dong nomernya...aku nda simpen nomer kak Tia lho ya ya ya

      Hapus
  12. subhanalloh, menyejukkan, bener2 scaner yg ampuh meredam virus penyakit hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh dan tidak dijual di toko2 elektronik terdekat ya kak Rima,..^_^

      Hapus
  13. Mantep kisahnya! Inspiring me... ^_~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang
      salam ukhuwah, eh dah gabung disini blum http://www.facebook.com/groups/bloofers/

      Hapus
  14. Subhanallah..
    membaca kisah ini aku seperti sedang ada di sana..
    ingin sekali melihat wajah2 mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah...
      makasih sudah berkunjung apikecil^^

      Hapus
  15. semoga kita juga bisa ketemuan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp mbak, keep contack kalo ke makassar ya..
      ta' enteni^_^

      Hapus
  16. bertemu anak2 panti atau orang yang tidak mampu itu bisa melembutkan hati, bisa lebih menghargai hidup yang diberikan Sang Ilahi, nice post mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener banget mbak,..aku pikirnya begitu..jadi tiap bertemu mereka pikiran bisa adem,..jauh dari dengky dan sombong^^

      Hapus
    2. hooh mba, jadi malu juga kalau mau ngeluh :D

      Hapus
  17. sprtinya mereka ttp tersenyum dan bahagia, wlupun sbnarny mrka kkurangan.
    smga kita senantiasa mnjdi org yg brsykur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...smoga, slalu ada senyum untuk mereka..
      makasih doanya mbak^^

      Hapus
  18. senang yah bisa berbagi dengan anak-anak panti..,ku juga pengen suatu saat nanti..:D

    BalasHapus
  19. Subhanalloh.. ka Uty.. ana iri.. sejak lama ingin bisa melakukan perjalanan seperti ini.. tapi mungkin Alloh belum mengizinkan.. semoga seuatu saat nanti dan secepatnya bisa tewujud impian ini.. aamiin.. :)

    Semoga alloh memberkahi kalian.. Aamiin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih gampang kok Ann, tinggal cari almat panti..udah berkunjung deh^_^
      aku doain deh, smoga bisa terwujud..aamiin
      smangat dek^^

      Hapus
  20. Masya Allah luar biasa... nanti kalo saya kesana kita kunjungan panti ya Uthy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iya...ditunggu kedatangannya kak, ntar kita list panti mana yg didatangi. Insyaallah^^

      Hapus
  21. IIIH ya Allah.. kak uty curang dapat duluan foto2nya. mau dong filenya. colak colek kak PIPI :) HHE :)
    smoga bisa bertemu kalian lagi sebelum Ramadhan datang (cozy)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih gambarnya dikirim via email sama kak pipi dek,..
      nti kita rencanakan lagi ya, nda usah tunggu Ramadhan kalo memungkinkan^^

      Hapus
  22. Balasan
    1. Rahma...domisili makassar ya, inbox no hp donk^^

      Hapus
  23. Wawww hihi keren ^^
    Mau OOT ah, bandaranya MKS keren juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm iya donk kak....desainnya mantep kak, skali2 ngintip ke makassar nyok

      Hapus
  24. Malu... Kagum... Salut... Termotivasi... Bangga...

    Subhanallah, sungguh agenda yang luar biasa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar kopdar nasional bloofers, agendanya di bikin lebih asik lagi ya bang\
      makasih kunjungannya^^

      Hapus