Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Jumat, 15 Juni 2012

Barobbo feat Dangke^^

Ibuku berdarah Bugis, sebelum dipindah tugaskan dan menetap diwilayah Enrekang, lidah Ibu tlah sangat bersahabat dengan seafood.  Ikan, cumi dan udang adalah menu favoritnya, bisa aku bayangkan ketika beliau harus ikut suami dan menetap di daerah Enrekang yang tak tersentuh dan tercium aroma laut, Ibu harus rela dan mau tidak mau terpisah jarak dengan menu favoritnya itu…(sesilebayyyyyyy heheh).
Karena aku tumbuh besar di daerah ini, maka aku terbiasa dengan hasil sayuran yang berlimpah ruah. Kentang dengan body gede, buah-buahan dan sayuran. Tapi jangan harap bisa dapat ikan segar, makanya akupun tidak terlalu doyan makan ikan. Banyak makanan enak di Enrekang, menu favoritku adalah barobbo dan dangke

Mungkin ada yang belum pernah mendengar kata barobbo ataupun  dangke. Dua menu makanan ini adalah menu makanan favoritku ketika mudik. Kurang afdol rasanya, ketika mengunjungi rumah, walaupun itu sehari saja tapi tidak mencicipi menu tersebut.
Barobbo 'gantungan' ^______^
ini barobbo versi pake santan^^
Barobbo adalah menu makanan dengan bahan baku jagung. Jagung yang dicincang, ditambahkan sayuran. Mungkin hampir sama dengan bubur Manado, hanya saja barobbo lebih bervariatif. Ada barobbo dengan memanfaatkan santan kelapa sebagai kuahnya lalu ditambahkan dengan potongan kentang, wortel, cornet, mie, kacang panjang dll (baroobo santan). Ada juga dari jenis jagung bunga (barobbo gantungan) ini adalah favoritku, jagungnya terasa beda dari jagung yang lain, kuahnya bener-bener menentramkan lidah^_^.  Ada yang lebih sederhana lagi, tetap memakai cincangan jagung tapi cukup ditambahkan aneka sayuran, kacang panjang dan bumbu. Biasanya penduduk setempak memakannya dengan ikan kering, ataupun sambal terasi. Banyak juga yang menambahkan perkedal sebagai menu tambahannya ataupun dangke goreng. Dangke??? Apa itu dangke???

Dangke hangat...dangke hangat, nyammmm
kalo gosong begini, manyus!!!!
Nah dangke adalah komoditi asli cap Enrekang^^, aku pernah melihat proses pembuatannya, yaaaa walaupun tidak lengkap. Tapi aku sangat suka menu makanan yang satu ini. Dangke adalah susu olahan fermentasi dari susu kerbau dan susu sapi asli. Untuk dangke sendiri, setahuku aku pernah mencicipi 3 jenis dangke, dari yang rasanya pahit (susu campuran perasan air papaya muda), dangke susu sapi dan dangke susu kerbau. Favoritku adalah dangke susu kerbau, dan dangke susu kerbau inilah yang punya aroma khas, sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget^_^. Dangke boleh langsung dimakan, ataupun digoreng. Bentuknya mengerucut putih bersih.

Kalau di wilayah Enrekang, dangke bahkan sudah punya olahan kripik dangke. Lagi-lagi aku belum pernah melihat pembuatannya, tapi dari si pembuat kerupuk dangke sendiri, mereka bilang sari dari pembuatan dangke adalah bahan baku utamanya, anehnya saya tidak aku dengan kerupuk dangke, karena cita rasa dangkenya jauh di bawah dangke itu sendiri. Aku lebih memilih emmut dangke ketimbang keripiknya. lebih berasa!!!

Teman-teman yang berdarah Enrekang, ataupun pernah menetap di Enrekang dan kangen menu ini, mari kita bernostalgia…sayangnya gambar di layar monitor anda nda bisa diicip langsung ya. ^_______^, Masih banyak menu makanan yang mungkin tidak dijumpai di daerah kalian, disini. Sekarang gantian kalian yang bercerita…apa menu favorit kalian???^^

35 komentar:

  1. iya, uty ... kok kosong postingannya?
    atau mungkin maksudnya barobbo nya habis ya ;p

    BalasHapus
  2. barobbo itu makanan ya?

    BalasHapus
  3. ikutan bingung tapi mau bingungin apa juga bingung :D
    ikutan barobo feat dangke aja deh

    BalasHapus
  4. Wakakakakak.. Postingan aneh.

    BalasHapus
  5. lah kok kosong nih postnya eheheheheeh

    BalasHapus
  6. waduh,,,kok kosong???postinganku kemanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa???:(

    BalasHapus
  7. Ehmmm... Yummy.... Jadi ingat Kampung halaman... tapi kalau Dangke... sy lom pernah coba... kayaknya enak tuh.. kapan yah bisa ke t4 uthy nyicipin... he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih sukaaaa banget,...bahan utamanya dari susu murni ratih^^

      Hapus
  8. waw baru tau makanan khas Enrekang, dilihati di monitor sih yummy.. tapi saya ga terlalu suka susu kerbau, susu sapi murni pun ga terlalu suka.
    tar klo ada rezeki ke sana, sambut pake Barobbo dan Dangke ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menu favoritku mama panda,...aku juga nda doyan susu sapi murni, tapi kalo diolah jadi dangke...waaah aku banget dah^^

      Hapus
  9. aaaaa
    pagi" ngeliat ginian bikin laper
    saya suka segala hal yang berhubungan dengan jagung
    mulai dari dadar jagung sampe popcorn
    jagung itu enakkk~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa sama, aku paling doyan yg namanya jagung sama kentang juga..TOSSS!!!
      salam ukhuwah risky^^

      Hapus
  10. Dangke kejuuuuu~
    hm.. cuma bisa makan satu kotak saja kak.
    selebihnya.. biasanya enek.hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah??dangke keju??emang ada ya chank???waduh oengen cobaaaaa^^

      Hapus
  11. Dangke apaan yaaa?? ga pernah dengar sama sekali... hahaha.. khas enrekang yaa?? :D

    kalo barobbo seringggg dengar.. tp jarang makan dan sekali makan emang bikin ketagihannn... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dangke itu...salau satu lauk yang keren versiku kak sam^^

      Hapus
  12. aha!
    saya suka barobbo yg pake mie :D
    kemarin waktu ke enrekang disuguhi yg jenis ini. awalnya agak aneh, coz biasanya cuma yg pake campuran kangkung+bayam aja. tapi ternyata enak juga. nambah 2 mangkok malahan, wkwkwk :D

    posting tentang dange' juga thy. khas enrekang juga toh?
    *cop, saya ndak suka.hihi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. dangke kak, bukan dange...
      kalo setauku dange ala palopo sejenis lauk berbentuk putu yang bisa dimakan pake kuah sayur,
      ada juga dange versi orang pangkep, ini terbuat dari beras ketan, kelapa dan gula merah...banyak kok di jual di jalan poros makassar-pangkep (aku juga nda doyan^^)

      Hapus
  13. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heh???salah masuk ngasih koment lapak nih hehehhe

      Hapus
  14. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  15. wah..., enak ini kayaknya, apalagi dangke yang sedikit gosong, hmmmmmm..... nikmat.

    BalasHapus
  16. jadi pingin pulang kampung......lihat image Barobbo jadi pingin deh apalagi disajikan dengan sambal terasi.

    BalasHapus
  17. Hello Dear, are you truly visiting this web site daily, if so after that you will without doubt obtain pleasant know-how.



    my web site: vakantiehuisje

    BalasHapus
  18. I'm curious to find out what blog platform you have been using? I'm experiencing some
    minor security issues with my latest blog and I would like to find
    something more risk-free. Do you have any suggestions?


    Here is my web page; vakantiehuisje frankrijk

    BalasHapus
  19. Everything is very open with a really clear explanation of the issues.
    It was definitely informative. Your site is useful.
    Many thanks for sharing!

    Here is my website :: france travel warning state department

    BalasHapus
  20. Very nice article. I absolutely love this website. Keep it up!



    Feel free to surf to my weblog ... luxe vakantiewoning huren

    BalasHapus
  21. Your method of telling everything in this post is truly good,
    every one be capable of easily be aware of it, Thanks a lot.


    Stop by my homepage :: vakantiehuisjes frankrijk huren ()

    BalasHapus
  22. I blog quite often and I really appreciate your information.
    This article has truly peaked my interest. I'm going to take a note of your site and keep checking for new information about once per week. I subscribed to your Feed as well.

    My web blog: vakantie frankrijk ()

    BalasHapus
  23. Hello! I've been following your site for some time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Humble Tx! Just wanted to mention keep up the good job!

    Feel free to surf to my webpage; huis huren frankrijk (huishurenfrankrijk.wordpress.com)

    BalasHapus