Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Minggu, 26 Maret 2017

Mari berkebun, mengenal bibit dan benih

Family project kami kali ini di beri judul 'Mari berkebun, mengenal bibit dan benih'. Awalnya niat beli benih jagung tapi habis akhirnya beli benih tomat dan kacang panjang plus dapat bibit tanaman durian, jeruk dan manggis ikutan dieksekusi juga. Ini pengalaman pertama Izz nanam benim. Biasanya dia ikutan bantu nanam bibit bunga. Sehari sebelumnya, Izz nonton video menanam benih lewar you tube. Rencananya kami buat yang simple saja. Nga pake semai. Kebetulan tanah di belakang rumah sudah digemburkan jadi tugas berkebun kali ini. Cuma membuang lubang, masukkan 3 benih kacang panjang ke lubang, kasi jarak 50cm lalu tutup dan semprot pake spray, tak lupa ditaburin anti semut.

Tujuan project ini sebenarnya sangat simple. Menggenalkan metode menanam yang sederhana sebagai batu loncatan untuk mengajarinya menyemai (tingkat lebih sulit). Dikenalkan bahwa tanaman itu juga tumbuh seperti manusia dan butuh disiram. Disamping itu..kami memang sedang ingin memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah.

Awalnya ketika terjun ke lapangan dan kakinya kotor, si Izz sempat protes minta masuk rumah saja. Tapi ketika masuk tahap memasukkan benih ke lubang, menutup kembali dengan tanah dan menyiram dengan spray, dia jadi antusias. Sampai pakai minta nambah benih ke Ummi. Dan akhirnya hapal metode mananam sederhana walaupun belum bisa buat lubang sendiri. Tapi si Izz sudah bisa masukkan benih, tutup dan siram. Sederhana tapi menyenangkan.

Refleksi kegiatan kali ini memuaskan. Si Izz sendiri yang membuka pembicaraan ketika kami selesai cuci tangan dan kaki kemudian masuk rumah.
"Ing padi (Izz Khafady) habing (habis) bekebun"
"Tadi berkebun nanam apa nak?" tanya ummi
"Benih"
"Benih apa?"
"Kacang...kacang panjang. Ciram ciram Ingg crot..crot..crot (sambil menirukan bunyi spray).

Kegiatan ini menyadarkan saya bahwa menjadi seorang petani itu ternyata susah susah gampang wkwkwkw. Kerja saya cuma bantu buat lubang trus motret selebihnya Abi dan Izz yang kerjakan tapi saya merasa lelaaah sekali๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

#tantanganhari3
#level3
#myfamilymyteam
#kuliahbunsayIIP




1 komentar:

  1. mau diajarin berkebun juga yaaa. tapi disini kurang lahan, paling bisa di pot

    BalasHapus