Beranda
It's Me
Awards
Chat Bloofers
Links

Jumat, 31 Maret 2017

Kupu-kupu

Hari ini pembukaan acara book fair Kalsel yang diadakan di lapangan murjani. Ada tante najwa shihab juga euy. Qadarullah hujan menggurur banjarbaru sejak pagi. Abi pun berhalangan mengantar karna harus kerja. Dan jadilah kita pandang-pandangan dalam rumah hihihi.

Tetiba si Ummi ingat pengalaman lucu di project berkebun kemarin. Si Izz berlari menangkap kupu-kupu tapi karna lahannya gembur jadi nga leluasa. Baru setelah menanam bunga dan ada kupu-kupu lagi Izz bisa leluasa mengejarnya. "Kupu-kupu ummi..Ing tangkap!!"serunya. Saya membiarkan dia berlarian kesana kemari. Sempat jatuh??iya. Nangis??ngalaah wong yang di kepalanya fokus ke kupu-kupu. Itulah anak-anak.

Malamnya ketika saya sibuk melipat pakaian, seperti kebiasaannya. Izz duduk di samping saya, dia membaca buku..eh tepatnya buka-buka buku. Dan ketemulah si kupu-kupu cantik di salah satu halaman buku Ensiklopedia Bocah Muslim seri dunia binatang.
"Apa ini ummi?"
"Oh itu kepompong nak"
"Apa ini ummi?"
"Itu ulat."
"Jadi awalnya ulat ini makan daun banyak...karna si ulat rajin makan dia tumbuh sehat dan kuat. Maka beberapa hari kemudian jadilah dia kepompong. Daaannn setelah itu Allah kasi sayap yang indah nak..kepompongnya jadi kupu-kupu. Waah MasyaAllah yaaa" saya heboh sendiri..hihihi
Tetiba si abi langsung nimbrung dan bernyanyi..
"Telur..telur...ulat ulat kepompong kupu-kupu tenonenoneeeeng"
Kami bernyanyi dan kemudian mwngetes pemahamannnya. Dan alhamdulillah ternyata bisa dengan runut.

Pagi ini setelah ritual mandi dan sarapan..saya memberinya stiker buku tentang carterpillar...perubahan si ulat jadi kupu-kupu cantik. Tujuannya project ini semata untuk memperkuat dan memperkenalkan proses 'tumbuh' makhluk hidup. Sekalian mengenalkan ada namanya telur, kepompong. Dan..taraaa...Izz bisa menempel stikernya sesuai urutan. Sebelumnya Izz memang dikenalkan dengan kosakata 'bayangan' jadi gampang ngasih instruksi.
"Tolong gambarnya di tempelkan ke bayangannya"
Dan dia bisa melakukannya. Yeayy project team kita berhasil. Yang nga saya sangka dia bisa menjelaskan menurur versinya.
"Kepompong ummi...nanti keluar kupu-kupu disini(nunjuk ujung kepompong". MasyaAllah anak 2 tahun ini bisa merekam penjelasan kami sebelumnya.
Alhamdulillah evaluasi berhasil..berhasil..horeeeiii

"Terimakasih abi sudah melakukan penguatan lewat lagu dan project sebelumnya...terimakasih Izz sudah bisa diajak kompromi. Semoga besok kita bisa ke bookfair ya#ehπŸ˜™πŸ˜™

#tantanganhari8
#level3
#myfamilymyteam
#KuliahbunsayIIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar