Kamis, 06 Februari 2020

Filantropi


Saya berdomisili di Banjarbaru, Alhamdulillah lembaga sosial yang ada di kota ini terbilang banyak. Ada lazismu, Tangan di atas, tangan relawan, PMR. Beberapa juga di antaranya bergerak di bidang literasi seperti Inspiralova dan kampung dongeng intan kalsel.

Sebuah hal menarik untuk menilai salah satu diantara sekian tersebut. Dan akhirnya saya memilih kado intan kalsel. Disamping kami rutin mengikuti kegiatan bulananya, anak saya pun sangat menyukai rentetan kegiatan yang diselenggarakan kampung dongeng. Kampung dongeng intan kalsel ini pemekaran regional dari kampung dongeng Indonesia berpusat di Tangerang, yang diprakarsai oleh kak Awam Prakoso. Di kampung dongeng kalsel sendiri dibentuk oleh bunda enik dan suaminya, merekrut relawan termasuk kedua anak gadis mreka kak Irga dan mba manda. Dan ada beberapa kampung dongeng lain yang tersebar di seluruh indonesia.

Menurut saya,kampung dongeng ini adalah lembaga yang dulunya tergolong charity. Dan melebarkan sayapnya menuju ke filantropi. Terbukti dengan kegiatan mereka yang berkesinambungan dan bermunculannya kampung dongeng di wilayah lain di seluruh Indonesia.

Adapun kegiatan yang berkesinambungan yang saya maksud tadi adalah kegiatan bulanan yang dikemas apik untuk anak. Dalam kegiatan bulanan tersebut menekankan kepada peduli literasi, pentingnya berkisah, pembiasaan baik untuk anak dan senam sehat. Selain ini ada 1 kegiatan mereka lagi yaitu kampung dongeng keliling. Hanya saja item ini belum bisa dilakukan maksimal karena terkendala jadwal bunda enik sebagai icon pendongeng. Padatnya jadwal tour dongeng bunda sehingga sulit untuk memasukkan ke dalam list kampung dongeng keliling. Item ini pun tidak dipungut biaya seperti dengan kegiatan bulanan yang mereka adakan di markas kampung dongeng di martapura. Semoga next bisa terhandle dan akhirnya bisa bermanfaat kepada anak-anak di seluruh Indonesia

Hal unik yang saya pelajari dari kampung dongeng ini adalah kebahagiaan dari membernya. Suami saya bahkan pernah bertanya, itu bayar berapa kesana. Ketika kusebut gratis..beliau langsung merespon. Waaah MasyaaAllah. Yesss mulia banget. Mereka mengedukasi, menggembirakan dan memberi. Memberi cerita, doorprice, bahkan sepulang dari sana, anak-anak akan diberi bingkisan snack. Sikap relawan itu sendiri berdampak pada income keluarga bunda enik. Sekarang bunda enik bisa dibilang menjadi pendongeng tersohor nomor 1 di Kalimantan selatan. Setiap update WA beliau slalu tour ngisi dongeng kemana-mana. Panti asuah, sekolah, kantor kedinasan, perpustakaan anak dll. Berinteraksi dengan mereka pun membuat saya dan anak-anak happy selalu




#materi2
#empati
#hanituasisejutacinta
#sejutacinta
#ibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar