Kamis, 27 April 2017

Mengenal warna

Sejak usianya 2 tahun. Kami berinisiatif membuatkan zona belajar untuknya. Zona belajar bukan dalam artian setiap aktivitas belajarnya dihabiskan disana. Tetapi peralatan belajarnya dan kegiatan yang membutuhkan kursi dan meja bisa dilakukan Izz disana.
Dua bulan berlalu...sejauh ini dia paham fungsi mejanya. Tetapi sejauh pengamatan saya. Kegiatan menggambar ataupun mewarnai kerap dianak tirikan sama si Izz. Dia lebih sering menghabiskan waktunya di meja belajar dengan permainan lain seperti bermain menyusun balok, belajar menempel, nyusul puzzel dll. Dia cepat menyerap pelajaran bermain bentuk, puzzel, membaca, angka, huruf tapi tidak untuk warna.
Seperti malam ini. Saya mengajaknya bermain warna dengan cat air. Awalnya saya menggambar bentuk oval di whiteboard
"Ovang..bentuk ovang (oval) ummi" tanpa dimintapun dia langsung berseru bentuknya oval. Saya mulai menggambar segitiga..dia pun langsung berseru "gitiga ummi..oke cocok"πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
"Nagh sekarang yuk kita gambar pake cat air ya"
Si Izz diam..pelan ngambil kuas. Saya mencontohkan bentuk oval dengan kuas dan memintanya mencobanya. Tapi yan
g dibuatnya garis putus-putus
"Bentuk apa itu?"
"Hujan lintik lintik ummi"
"Waah cantik skali hujannya...pinter ya Izznya bikin rintik-rintik. Nga mau coba bentuk oval??. Gampang lho...mirip telur ayam kan bentuk ovalnya" saya berceloteh panjang kali lebar.
Izz turun dari kursi dan mengambil box sortirnya. Dikeluarkannya berbagai bentuk di dalam. Diambilnya bentuk oval dan didekatkan ke gambar saya.
"Sama kan?" katanya senyum-senyum
"Iyah sama yah.ayo kita gambar bentuk yang sama"
"Ummi saja...ummi yg bica"
Detik berikutnya dia sibuk dengan box sortirnya dan ngoceh sendiri nama bentuk, sesekali bertanya ke saya "apa ini ummi?"

Ini bukan kali pertama saya mengenalkannya dengan warna. First learning..word..shapes dll biasanya saya kenalkan bersamaan. Tentunya melihat kemampuannya. Dan yang lambat lulus adalah pengenalan warna ini. Sampai tahap ini si Izz mantap mengenal warna "yellow kuning".

Mungkin metode saya masih kurang. Ataukah saya belum menemukan metode belajar yang pas buat Izz. Semoga tantangan kali ini bisa mengasah kemampuan saya mengenali metode belajarnya.

#day2
#level4
#gayabelajaranak
#KuliahbunsayIIP





Tidak ada komentar:

Posting Komentar